Selamat datang di Rumah Kaligrafi

Kaligrafi Tembaga

Sabtu, 13 April 2013 0 comments

Kaligrafi tembaga adalah kaligrafi yang dibuat menggunakan bahan tembaga. Kaligrafi ini dibuat dalam bentuk huruf 3 dimensi atau sering disebut kaligrafi timbul. Ketimbulan huruf bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan atau proporsi ukuran tinggi huruf. Semakin tinggi huruf itu maka ukuran ketebalan atau timbulnya semakin tinggi pula.
Produk kaligrafi timbul ini tergolong mewah di samping lebih artistik karena bentuk hurufnya yang timbul apalagi terbuat dari bahan tembaga. Bahannya paling mahal di antara bahan metal lainnya, kuningan, stainless, atau galvanil. Bukan hanya mahal, bahan ini harus dipesan inden.

Di masjid-masjid, kaligrafi timbul dengan bahan tembaga ini biasanya hanya untuk tulisan Allah dan Muhammad atau kalimat tahlil dan syahadat. Karena mahalnya produk kaligrafi jenis ini, maka hanya masjid yang memiliki dana cukup dengan bangunan yang relatif bagus yang berminat produk ini. Beberapa masjid yang sudah menggunakan kaligrafi ini adalah Masjid Raudhatul Jannah Cimanggis Depok, Masjid Ar Rahmah Tanjung Perak Surabaya, Masji Al Muttaqin Komp. TNI-AL Ciangsana Bogor. Silahkan lihat contohnya di sini!

Bahan tembaga ini selain untuk huruf timbul, juga bisa dibuat dalam bentuk embos/etsa. Bentuk tulisan/huruf tidak setebal huruf timbul. Tulisan berbentuk seperti diukir sehingga memberikan jarak antara tulisan dan dasar tulisan. Jika permukaan tulisan diraba, maka akan terasa perbedaan antara permukaan huruf dan dasar tulisan. Antara tulisan dan dasar tulisan tidak bisa dipisahkan merupakan satu kesatuan. Berbeda dengan kaligrafi timbul. Kaligrafi timbul bisa menggunakan bahan dasar tulisan dari jenis bahan yang lain.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template
Copyright © 2010 - 2014. Rumah Kaligrafi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Goblogku
Proudly powered by Blogger